Dibaca :

Rabu, 29 Februari 2012

Buaya Papua Ilegal di Jawa


Salah satu situs yang melansir JUAL: Buaya Papua TERMURAH SAAT INI !!! Buruan….!!!
Sumber foto: Indonesian Pet Shop

Oleh: Arkilaus Baho

Ada banyak satwa dari Papua ternyata di datangkan secara ilegal ke pulau Jawa. salah satunya dilansir dari Kulon Progo oleh liputan6.com, "Mahasiswa Selamatkan Buaya Langka dari Internet". Buaya Papua yang dilindungi berhasil diselamatkan tiga orang mahasiswa kelompok studi herpetologi biologi Universitas Gajahmada, Yogyakarta. Buaya yang dibeli dari suatu transaksi ilegal tersebut akhirnya diserahkan ke Yayasan Konservasi Alam Yogyakarta, di Kabupaten Kulon Progo. Ketika itu, buaya langka Papua tersebut masih berumur enam bulan dengan panjang 30 centimeter berbobot sekitar satu kilogram. 

Entah sudah sejak puluhan tahun lamanya upaya ilegal itu terpelihara selama ini, tetapi satu per satu kian tertangkap. Menurut mahasiswa tersebut, Herdhanu Jayanto upaya pembelian buaya Papua tersebut semula dilaksanakan Oktober 2011 lalu lewat transaksi di internet. Namun baru berhasil awal Februari 2012. Sementara itu, Manager Operasional Taman Satwa Yogyakarta mengatakan buaya Papua merupakan satwa langka yang dilindungi negara, sehingga pelaku perdagangan ilegal diancam hukuman berat. Satwa langka dilindungi oleh undang-undang nomor 5/1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya. Siapa pun, baik pribadi maupun kelompok dengan sengaja memelihara atau memperdagangkannya demi kepentingan pribadi bisa dikenakan ancaman penjara 10 tahun penjara dengan denda hingga 200 juta. 

Penemuan buaya Papua yang di datangkan secara ilegal ini menambah arsip sejumlah satwa yang se-enaknya di datangkan dengan cara yang tak sah, bahkan di jadikan sebagai suatu bisnis satwa. WWF Papua pun melalui hasil studi mereka, menemukan adanya satwa Papua seperti cenderawasih, burung kakatua dan sejenis satwa lainnya yang kian meningkat dari tahun ke tahun di jual ke pulau Jawa. 

Menurut Anda

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.