Dibaca :

Senin, 19 Maret 2012

Emas Papua Lebih Berkualitas

Oleh: Arkilaus Baho

Pengguna pasar emas di Indonesia kini beralih selera mereka dalam memakai logam emas di Indonesia. Emas Papua memiliki kualitas berbeda daripada emas dari daerah lainnya di Indonesia. Baik pemakai individu maupun para pemodal internasional yang terjun di dunia jual beli emas serbu emas di Papua. Karena kualitasnya yang lebih baik, tak salah harga pun meninggi. 

Menurut dosen fakultas ekonomi Uncen yang juga pengamat emas, Julius Ary Mollet, SE,MBA, MTDev PhD, Dip. LED, kandungan karat emas yang berasal dari berbagai tambang di wilayah Papua memang lebih berkualitas. "Mengapa harga emas Papua lebih mahal dari pada emas dari luar Papua, ini disebabkan karena kualitas emas Papua lebih baik, memiliki warna kuning lebih `menyala`. Ketajaman warna ini menunjukan bahwa deposit karat emas di Papua itu lebih baik daripada emas yang didatangkan dari daerah lain," katanya.

Perburuan emas Papua yang meningkat karena kualitasnya lebih baik dari emas di daerah lain seperti emas yang didatangkan dari Makasar Sulawesi Selatan atau daerah lain di Indonesia.

Tak salah, para pedagang emas di kawasan Abepura, Kota Jayapura, mengatakan  kualitas emas Papua lebih baik dibandingkan emas dari daerah lain. Karena itu, harga emas Papua dijual pada kisaran Rp560.000 per gram, sementara emas dari daerah lain dijual dengan harga Rp530.000 per gram. Harga emas Papua, menurut Jumiati, salah seorang pedagang emas di Abepura kepada antaranews, diakui lebih tinggi dan ini sudah bertahan sejak bulan lalu. Harga emas Papua akan dijual lebih mahal jika terdapat ukiran khas Papua seperti burung cendrawasih dan ukiran khas suku Asmat.

Pantas saja ketika perusahaan emas dunia seperti freeport maupun lainnya punya banyak pembeli karena kualitas emas Papua. Bahkan harga emas Papua selama ini oleh freeport di jual dengan kurs emas standar london. Freeport menjual emas dengan standar harga emas inggris yang jauh  lebih tinggi daripada standar Amerika. Tak salah kalau pedagang emas Papua menaruh harga emas Papua lebih tinggi.

Menurut Anda

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.